Senin, 12 Desember 2011

REKOR CITY KEOK di KOTA LONDON

Foto :Meireles saat mencetak gol ke gawang Joe Hart


LONDON - Rentetan gemilang Manchester City yang belum terkalahkan sepanjang musim ini akhirnya terputus. Adalah Chelsea yang sukses memberikan kekalahan pertama buat sang pimpinan klasemen dengan skor tipis 2-1.

Frank Lampard yang masuk sebagai pemain pengganti menjadi aktor utama dibalik kemenangan Chelsea. Eksekusi penaltinya di menit ke-81, membawa The Blues menyengat balik 10 pemain The Citizens yang sebelumnya sempat unggul cepat lewat gol Mario Balotelli sebelum disamakan Raul Meireles.

Tampil di hadapan publik sendiri di Stamford Bridge pada lanjutan Premier League, Selasa (13/12/2011) dini hari WIB, Chelsea sempat dikejutkan dengan gol cepat City yang dicetak Mario Balotelli saat laga baru memasuki menit kedua. Memanfaatkan umpan terobosan Sergio Aguero, bomber Italia sukses melepaskan diri dari kawalan John Terry dan mengecoh Petr Cech untuk kemudian melepaskan tembakan lemah ke gawang kosong. 1-0 untuk City.

Gol kilat Balotelli sontak membuat kubu Chelsea ketar-ketir. Sementara di lain kubu, City kian nyaman mengendalikan permainan. Di menit ke-10, Aguero berhasil mengecoh tiga bek Chelsea dan melepaskan tembakan dari jarak dekat. Sayang, eksekusi yang dilepaskan bomber internasional Argentina ini hanya menyamping dari gawang Cech.

Lima menit kemudian, para punggawa City sempat mengklaim penalti menyusul dijatuhkannya David Silva di kotak terlarang. Sayang, wasit Mark Clattenburg tidak menilai insiden tersebut sebagai pelanggaran yang pantas diganjar hadiah penalti.

Memasuki 20 menit pertama laga, Chelsea yang unggul dalam penguasaan bola (62%) masih belum menciptakan peluang berarti. Sementara City bermain cukup efektif dengan serangan balik, dan mampu membuat John Terry cs keteteran menggagalkan upaya Balotelli, Aguero dan David Silva yang di plot di lini depan.

Chelsea akhirnya menciptakan peluang pertamanya pada menit ke-25. Didier Drogba yang berada di sisi kotak penalti melepaskan tembakan mendatar yang masih mampu di tepis Joe Hart, sehingga hanya menghasilkan tendangan pojok.

Upaya tidak kenal lelah para pemain Chelsea akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-34. John Terry melepaskan umpan terukur ke arah Daniel Sturridge di sisi kiri pertahanan City. Bomber yang tengah naik daun ini pun langsung beraksi dengan melewati penjagaan Gael Clichy dan melepaskan umpan silang ke kotak penalti.

Raul Meireles yang datang dari lini kedua langsung menyambut bola dan dengan sebuah sentuhan manis sukses membobol gawang Hart. Publik Stamford Bridge pun kembali bergairah setelah papan skor menunjukkan skor sama kuat 1-1 hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Chelsea langsung menebar ancaman saat laga baru berjalan satu menit. Juan Mata mengirim umpan tendangan bebas yang diterima Sturridge di kotak penalti. Pemain lincah ini pun langsung melepaskan tembakan yang sayangnya hanya melintas tipis di atas gawang Hart.

Masuk menit ke-58, Chelsea yang mendominasi laga diuntungkan dengan kartu merah yang diberikan wasit kepada Gael Clichy yang menerima kartu kuning kedua usai menjatuhkan Ramires. Unggul jumlah pemain, Chelsea pun kian nyaman mendominasi jalannya laga. Meski begitu, mereka tak lantas bisa leluasa melakukan tekanan, karena kubu City siap menebar ancaman lewat serangtan balik cepat.

Di menit ke-69 misalnya, Balotelli mencoba peruntungannya dengan melepasskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun, Cech tampil sigap dalam mengamankan bola.

Setelah terus terlibat pertarungan sengit, Chelsea akhirnya sukses membalikkan keadaan di menit ke-81. Mark Clattenburg memberikan hadiah penalti untuk The Blues setelah Joleon Lescott melakukan handball di kotak terlarang. Frank Lampard yang masuk menggantikan Meireles maju sebagai algojo dan sukses membobol gawang Hart. Chelsea berbalik unggul 2-1.

Tak ingin rekor tidak terkalahkannya tercoreng, pelatih City Roberto Mancini memasukkan Edin Dzeko untuk menemani Balotelli di lini depan. Sebelumnya, bomber lainnya Sergio Aguero sudah lebih dulu ditarik keluar dan digantikan Kolo Toure.

Di sisa sembilan menit laga, City berusaha keras menyelamatkan rekor menterengnya. Namun, Chelsea yang unggul dalam jumlah pemain terus melakukan tekanan dan menciptakan peluang demi peluang. Alhasil, skor 2-1 untuk kemenangan Chelsea bertahan hingga laga usai.

Dengan hasil ini, Chelsea sukses mengatrol posisinya di klasemen dan menyeruak menembus tiga besar. Anak asuh Andre Villas Boas menggeser Tottenham Hotspur di posisi tiga, dengan keunggulan selisih gol (poin sama 31). Sementara bagi City, kekalahan pertama ini tidak mempengaruhi posisi mereka di puncak klasemen. Namun, keunggulan City atas Manchester United di tempat kedua kini terpangkas menjadi hanya dua poin.

Susunan Pemain:
Chelsea: 
Cech; Bosingwa, Ivanovic, Terry, Cole; Ramires, Romeu, Meireles/Lampard (‘73); Sturridge/Mikel (‘87), Drogba, Mata/Malouda(‘84)

Manchester City: Hart; Zabaleta, Kompany, Lescott/Dzeko (‘85), Clichy (kartu merah/’58); Yaya Toure, Barry; Milner, Silva/De Jong (‘75), Balotelli; Aguero/Kolo Toure (‘63)

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger